Sabtu, 22 April 2017

Pengantar Artificial Intelligence


                     DEFINISI KECERDASAN BUATAN
Definisi Kecerdasar Buatan
·         H. A. Simon [1987] :
“Kecerdasan Buatan (Artificial Intelliggence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas”
·         Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (Artificial Intelliggence) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komptuer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
·         Encyclopedia Britannica:
“Kecerdasan Buatan (Artificial Intelliggence) merupakan cabang ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”

                Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]:
                1.  Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
                2.  Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
                3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

                AI dapat dipandang dalam berbagai perspektif.
·         Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence)
AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia

·         Dari perspektif bisnis
AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.

·         Dari persepektif pemrograman (Programming)
AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search)
o   Umumnya program AI lebih fokus pada simbol-simbol daripada pemrosesan numeric (huruf, kata, angka untuk merepresentasikan objek, proses dan hubungannya).
o   Pemecahan masalah -> pencapaian tujuan
o   Search -> jarang mengarah langsung ke solusi. Proses search menggunakan beberapa teknik
o   Bahasa pemrograman AI :
§  LISP, dikembangkan awal tahun 1950-an, bahasa pemrograman pertama yang diasosiasikn dengan AI.
§  PROLOG, dikembangkan pada tahun 1970-an.
§  Bahasa pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming (Objective C, C++, Smalltalk, Java)

·         Dari perspektif penelitian (research)
o   Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugas-tugas sederhana)
o   “Artificial Intelligence” adalah nama pada akar dari studi area.



1.2.         DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN

§  Formal tasks (matematika, games)
§  Mundane task (perception, robotics, natural language, common sense, reasoning)
§  Expert tasks (financial analysis, medical diagnostics, engineering, scientific analysis, dll)

                PERMAINAN (Game)
·         Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan aturan
·         Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang
·         Teknik untuk menentukan alternative dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit
·         Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC
·         Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic

                NATURAL LANGUAGE
                Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepada komputer untuk memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari

                ROBOTIK DAN SISTEM SENSOR
                Sistem sensor, seperti sistem vision, system tactile, dan system pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AI, dapat dikategorikan ke dalam suatu system yang luas yang disebut sistem robotik.

                EXPERT SYSTEM
                Sistem pakar (Expert Sytem) adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah-masalah spesifik

1.3.         KONSEP DAN DEFINISI DALAM KECERDASAR BUATAN

                TURING TEST – Metode Pengujian Kecerdasan
·         Turing Test merupakan sebuah metode pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing
·         Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua objek yang ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia dan satunya adalah sebuah mesin yang akan diuji.
·         Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yang ditanyai
·         Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban komputer dan mana jawaban manusia berdasasrkan jawaban kedua obyek tersebut.
·         Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS.

                PERMROSESAN SIMBOLIK
·         Komputer semula didesain untuk memproses bilangan/angka-angka (pemrosesan numeric)
·         Sementara manusia dalam berpikir dan menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak didasarkan kepada sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis
·         Sifat penting dari AI adalah bahwa AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesaian masalah

                HEURISTIC
·         Istilah Heuristic diambil dari bahasa Yunani yang berarti menemukan
·         Heuristic merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar

                PENARIKAN KESIMPULAN (INFERENCING)
·         AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning)
·         Kemampuan berpikir (reasoning) termasuk didalamnya proses penarikan kesimpulan (inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristic atau metode pencarian lainnya.

                PENCOCOKAN POLA (PATTERN MATCHING)
·         AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern matching) yang berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses, dalam hubungan logic atau komputasional.

1.4.         Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alamiah

                Keuntungan kecerdasan buatan dibanding kecerdasan alamiah :
·         Lebih permanen
·         Memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran
·         Relative lebih murah dari kecerdasan alamiah
·         Konsisten dan teliti
·         Dapat didokumentasi
·         Dapat mengerjakan beberapa task dengan lebih cepat dan lebih baik disbanding manusia

Keuntungan kecerdasan alamiah disbanding kecerdasan buatan :
·         Bersifat lebih kreatif
·         Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan representasi-representasi
·         Fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan sebaliknya AI menggunakan fokus yang sempit

Komputer dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegiatan (events), proses dan dapat memproses sejumlah besar informasi dengan lebih efisien dari yang dapat dikerjakan manusia, tetapi disisi lain manusia dengan menggunakan insting dapat melakukan hal yang sulit untuk deprogram pada komputer, yaitu : manusia dapat mengenali (recognize) hubungan antara hal-hal tersebut, menilai kualitas dan menemukan pola yang menjelaskan hubungan tersebut.


1.5.        Perbedaan Komputasi AI dengan Proses Komputasi Konvensional

                Bagaimana komputer konvensional memproses data
               
Proses
Yang dikerjakan
Kalkulasi
Mengerjakan operasi-operasi matematis: tambah, kurang, bagi, kali, atau mencari akar. Menyelesaikan rumus/persamaan
Logika penyimpanan
Mengerjakan operasi logika : “and”, “or”, atau “invert” menyimpan data dan gambar pada file
Retrieve
Mengakses data yang disimpan pada file
Translate
Mengkonversi data dari satu bentuk ke bentuk yang lain
Sort
Memeriksa data dan menampilkan dalam urutan yang diinginkan
Edit
Melakukan perubahan, penambahan, penghapusan pada data
Monitor
Mengamati event external dan internal dan melakukan tindakan jika kondisi tertentu tercapai
Control
Memberikan perintah atau mengendalikan peralatan diluar


Perbandingan AI dengan Pemrograman Konvensional


Load disqus comments

0 komentar