Selasa, 20 Juni 2017

Interpersonal Skill (2)


INTERPERSONAL SKILL (2)

-          SIKAP adalah segalanya
·         Bila Anda melayani publik, Anda mempunyai kemampuan untuk membentuk persepsi publik
·         Kata-kata dan sikap Anda sangatlah ampuh untuk menciptakan persepsi dan opini publik tentang Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga persepsi dan opini yang terbentuk seharusnya adalah Persepsi dan Opini yang positif.

Sikap Orang Lain kepada Anda Adalah Cermin Sikap Anda
·         You are you
·         Sikap Anda adalah penentu segalanya
·         Hargai diri Anda dan orang lain
·         Percaya pada diri sendiri
·         Percaya Anda bisa membuat sesuatu yang berbeda
·         Niatkan untuk memberikan dan melakukan yang terbaik dalam segala hal sejak awal

Serve Your Public with CARE
·         Communication
Kemampuan menciptakan komunikasi yang informatif dan efektif, sangat menentukan penilaian performance seorang pelayan publik
·         Attention
Kesediaan memberikan perhatian yang sangat menyentuh namun tidak berlebihan, akan sangat berkesan dalam ingatan publik
·         Relationship
Hubungan bisnis yang hangat dan profesional harus tetap terbina dan terpelihara secara berkesinambungan
·         Emotion
Kemampuan membangkitkan kedekatan secara emosional harus terus dikembangkan agar mampu menjadi perekat bisnis yang tidak tergoyahkan
Human Relations
·         Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam situasi kerja organisasi, di semua bidang kehidupan dengan tujuan untuk menggugah kegairahan, kegiatan bekerja, semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan puas hati
·         Motivasi adalah kunci aktivitas human relations
·         Konseling sebagai teknik human relations

Empat gaya perilaku
1.       Tipe Kuasa
a.       Berorientasi pengendalian, takut kehilangan kekuasaan pribadi atau status
b.      Suka bersain dan termotivasi jadi nomor satu, selalu ingin menang dan “berada di puncak” apakah orang lain setuju atau tidak
c.       Berkemauan keras, membulatkan pikiran, memegang teguh gagasannya, bahkan cenderung ngotot dan keras kepala, terutama dibawah tekanan dalam memandang kehidupan
d.      Tidak sabaran, mengharapkan orang lain membantu mereka mendapatkan hasil, sekarang juga
e.      Sibuk, melibatkan diri dengan banyak proyek secara simultan, kadang “kecanduan kerja”
2.       Tipe Gaul
a.       Optimis, memilih untuk memandang apa yang positif dalam kehidupan dan sering menghambat situasi, fakta, dan pemikiran negatif
b.      Punya langkah cepat, spontan dan ekspresif. Bicara, bergerak serta melakukan sebagian besar kegiatan dengan cepat dan spontan bahkan terkadang bisa mengatakan terlalu banyak kepada orang tidak semestinya
c.       Emosional, memperlihatkan secara terbuka perasaan mereka dan menanggapi perasaan orang lain
d.      Mencari persetujuan atau penerimaan. Melihat kepada orang lain untuk mendapatkan penerimaan dan pemberian energi kembali, menginginkan orang lain menyetujui dan saling menyukai
e.      Menyukai kesenangan
Mencari suasana yang bergairah, positif dan santai terutama dengan teman-teman
3.       Tipe Harmoni
a.       Mudah bergaul, rendah hati dan diplomatis. Memperlihatkan perilaku dan pandangan yang tenang, terkendali, menghargai orang lain yang secara tulus mengakui sumbangan mereka
b.      Mempunyai langkah lebih lambat. Menunggu sampai mereka mengetahui langkah-langkah atau petunjuk sebelum bertindak
c.       Gigih. Menekuni sebuah proyek dalam jangka waktu lama atau paling tidak sampai hasil yang kongkrit bisa dicapai
d.      Bisa menampung. Suka berjalan bergandengan tangan dengan orang lain melalui hubungan peranan yang bisa diramalkan
e.      Suka bertetangga. Menyukai hubungan dalam pekerjaan yang ramah, menyenangkan dan bermanfaat
4.       Tipe pemikir
a.       Logis dan kontemplatif. Pencari pertimbangan akal-rasio yang berorientasi pada data dan proses, bersifat tertutup dan suka berpikir, merenungkan unsur “mengapa” – “bagaimana” dalam semua situasi
b.      Hati-hati dan menahan diri. Berpegang teguh pada metode, hati-hati, dan tidka menubruk banyak hal dengan cepat, menahan pemikiran mereka dalam hati dan tidak bersedia mengungkapkan pemikiran dan perasaan mereka sendiri atau orang lain
c.       Semestinya. Lebih formal, idealis, sesuai yang “seharusnya”
d.      Akurat. Memeriksa dan memeriksa kembali, berusaha menemukan jawaban yang benar atau terbaik yang bisa diperoleh

Bagaimana mengenali tipe customer kita?
a.       Dengan cara berpakaian
·         Kuasa : konservatif
·         Gaul : cerah/ warna-warni
·         Harmoni : biasa(casual)
·         Pemikir : konservatif
b.      Dengan melihat latar belakang mereka
·         Kuasa : wiraswasta pejabat
·         Gaul : penjual seni liberal
·         Harmoni : public contact liberal arts
·         Pemikir : science teknik
c.       Dengan melihat suasana ruangannya
·         Kuasa : meja yang luas, bersih, ada jam, penghargaan, tak ada poster
·         Gaul : meja berantakan, piala-piala, poster, foto-foto orang terkenal
·         Harmoni : seperti dirumah, foto keluarga, poster-poster, souvenir, kenang-kenangan
·         Pemikir : Ijasah-ijasah, simbol-simbol, plakat-plakat, tumpukan kertas

Hal-hal yang dihindarkan dalam percakapan
·         Memotong pembicaraan orang lain
·         Memonopoli pembicaraan
·         Membual tentang diri sendiri
·         Membicarakan hal-hal yang dapat menimbulkan pertentangan
·         Pembicaraan tentang penyakit, kematian, dll
·         Menanyakan harga barang orang lain
·         Menanyakan masalah yang sifatnya pribadi
·         Bergosip yang belum tentu kebenarannya

8 Langkah Bicara yang Efektif
·         Rangkai kata-kata dengan baik. Gunakan tutur bahasa yang pantas dan berbasa-basilah seperlunya
·         Sesuaikan volume suara saat berbicara
·         Perhatikan nada suara, jangan monoton
·         Sesuaikan kecapatan dan gaya berbicara
·         Perhatikan siapa yang anda ajak bicara, dalam suasana apa dan materinya apa
·         Sikap duduk , berdiri, pandangan mata
·         Gerak tangan dan tubuh, ekspresi wajah yang tepat
·         Bila berbicara di depan umum, lakukan pembicaraan dua arah (interaktif)

Intrapersonal Communication (Komunikasi Diri Sendiri/ Antar Pribadi)
·         Suatu proses komunikasi yang terjadi di dalam diri individu (komuniksi dengan diri sendiri)
·         Proses komunikasi terjadi karena seseorang memberi arti terhadap suatu objek yang diamatinya atau terbetik dalam pikirannya sendiri
·         Berfungsi mengembangkan kreativitas imajinasi, memahami dan mengendalikan diri sendiri serta meningkatkan kematangan berpikir sebelum mengambil keputusan
·         Proses komunikasi yang berlangsung dua orang atau lebih
·         Komunikasi antara dua orang dalam situasi tatap muka disebut komunikasi diadik
·         Mempunyai fungsi untuk meningkatkan human relations (hubungan manusiawi)
·         Menghindari dan mengatasi konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian, berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain

10 Kiat menjadi Pribadi yang Disukai
·         Royallah dalam memberi pujian
·         Buatlah orang lain merasa dirinya sebagai orang penting
·         Jadilah pendengan yang baik
·         Usahakanlah untuk selalu menyebutkan  nama orang dengan benar
·         Bersikaplah ramah
·         Bermurah hatilah
·         Hindari kebiasaan mengkritik, mencela atau menganggap remeh orang lain
·         Bersikaplah asertif
·         Berbuatlah apa yang anda ingin orang lain berbuat kepada anda
·         Cintailah diri sendiri

Upaya untuk dapat berhasil dalam kehidupan
·         Self confidence (percaya diri yang kuat)
·         Self control (kemarahan, rasa tidak puas, tidak sabar, kecewa, perlu dikontrol dan jangan terpancing oleh kekasaran orang lain)
·         Body languange (bahasa tubuh)
·         First impression (apabila kita berjumpa dengan orang yang baru, usahakanlah untuk meninggalkan kesan yang baik)

Hello Effect
·         Kesan pertama selalu meninggalkan jejak panjang dalam ingatan
·         If you win the morning, you will win the day.

Penampilan fisik
·         Rambut
o   Harus rapi dan bersih
o   Keramas minimal 2 hari 1x. Tiap hari lebih baik.
·         Badan
o   Mandi 2x sehari agar kulit bersih dan segar
·         Atasi masalah bau badan, bau mulut, bau kaki dan keringat. Gunakan produk-produk yang sesuai
·         Deodorant untuk membunuh bakteri penyebab bau badan
·         Antiperspirant untuk mencegah keluarnya keringat berlebihan
·         Tata busana (Dress Code)
·         Bersih dan serasi
·         Kemeja/blouse sebaiknya dicuci setiap habis pakai. Celana panjang, rok bawah, jas/blazer bisa lebih dari 1x pakai
·         Perhiasan
·         Gunakan model yang sederhana, tidak menyolok
·         Sepatu
·         Bersih dan serasi dengan pakaian

Keterampilan Pimpinan Organisasi (Robert L.Kartz)
·         Keterampilan teknikal (technical skill)
Kemampuan untuk menggunakkan pengetahuan metode, prosedur, teknik dan peralatan dalam melaksanakan suatu tugas
·         Keterampilan manusiawi (interpersonal skill)
Kemampunan untuk memahami perasaan, sikap dan motif orang lain (empati, sensitivitas sosial) dan kemampuan mewujudkan hubungan yang kooperatif (aksi diplomasi, keterampilan mendengarkan)
·         Keterampilan konsepsional (conceptual skill)
Kemampuan untuk memahami kompleksitas organisasi dan bertindak sesuai dengan tujuan menyeluruh organisasi

Melamar Pekerjaan
·         Promosikan diri anda dalam CV
o   Data pribadi anda
o   Pendidikan formal dan nonformal
o   Pengalaman berorganisasi dan hobi
o   Pertimbangkan dulu jumlah gaji yang diminta dengan kemampuan dan pengalaman anda
o   Tulislah pengalaman kerja anda yang relevan dengan posisi yang anda lamar
·         Menghadapi wawancara kerja
o   Datanglah 15-30 menit sebelum waktunya untuk merapikan diri, mengatur napas dan menenangkan diri
o   Kesan pertama itu penting, jadi pstikan diri dalam keadaan rapi, bersih dan segar. Berpakaian dan kenakan aksesori yang simpel, jangan lupa mengecek kebersihan dan kerapian kuku
o   Masuklah ke ruangan wawancara dengan tenang. Bersikap wajar adalah kunci sukses memenangkan hati pewawancara

Know Yourself-Competency
1.       Knowlege, menguasai pengetahuan mengenai product/ service, organisasi perusahaan, kompetitor, kekuatan serta kelemahan dsb
2.       Skill, menguasai keterampilan2 yang terkait dengan tugas secara efektif dan efisien
3.       Attitude, penguasaan diri, integritas dalam bekerja, serta sikap positif lainnya.





Load disqus comments

0 komentar