Jumat, 30 Juni 2017

Kisi - Kisi Client Server


Jelaskan arti client-server !
Client Server merupakan sebuah bentuk arsitektur yang dimana "client" ini merupakan perangkat yang menerima serta menampilkan dan menjalankan software komputer (aplikasi). Sedangkan "server" merupakan perangkat penyedia aplikasi serta bertindak sebagai pengelola, keamanan serta data aplikasi. Server ini dapat terhubung dengan client dengan melalui kabel UTP dan network card (kartu jaringan). PCI atau ISA merupakan salah satu perwujudan dari kartu jaringan.

Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tetapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.

Sebuah contoh dari aplikasi client/server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP) atau PHP. Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak klien akan dijalankan oleh web browser pada komputer klien. Klien-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode klien-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.


Jelaskan cara mengirim data dengan filezilla !
1.       Hubungkan komputer dengan komputer temanmu dengan kabel LAN. Set IP masing-masing.
2.       Buka XAMPP, aktifkan filezilla. Klik tombol admin di sebelah kanan, lalu klik OK
3.       Setelah muncul jendela FileXilla Server,  klik menu edit > users
4.       Masuk di Page General , Klik Add Users lalu tuliskan nama user anda. Isi password jika diperlukan
5.       Di sebelah kiri, klik Page : Shared Folders lalu Add, tambahkan direktori mana yang akan di-share. Lalu centang read, write, delete,  append agar file yang kita share dapat diedit oleh komputer penerima (opsional)
6.       Klik OK
7.       Buka FTP-Clinet FileZilla, isi kolom host dengan IP address komputer temanmu
8.       Lalu isi kolom username dan password temanmu, klik Quickconnect
9.       Jika settingan anda benar maka Komputer anda dan komputer temanmu akan langsung terkoneksi
10.   Setelah berhasil terkoneksi, pilih file yang akan ditransfer dari direktori komputer anda (kolom sebelah kiri), lalu drag ke kolom sebelah kanan
11.   Tunggu hingga proses selesai, maka file telah terkirim ke komputer penerima


Jelaskan cara mengirim data dengan teamviewer !
1.       Hubungkan komputer dengan komputer temanmu dengan kabel LAN/ internet. Set IP masing-masing.
2.       Buka teamviewer, ID dan passwordmu akan muncul di kotak Your ID dan Password.
3.       Lalu ketik ID target (temanmu) ke kotak Partner ID, seleksi menu “File Transfer”
Perhatikan Tulisan yang ada di pojok kiri bawah, jika icon menunjukan warna hijau berarti perangkat siap dihubungkan, tapi jika icon berwarna merah komputer belum terhubung
4.       Jika sudah siap semua klik Connect to partner
5.       Masukan password komputer target (komputer temanmu) Klik Log ON
6.       Terlihat ada dua kolom, kolom nomor 1 atau sebelah kiri adalah hardisk komputer si pengirim dan kolom sebelah kanan adalah hardisk komputer target (komputer teman yang akan dikirimi file).

7.       Selanjutnya cari dan seleksi file yang akan dikirim, tentukan penyimpanan file yang akan dikirim, lalu klik Send untuk mengirim. Tunggu hingga proses selesai.
Load disqus comments

0 komentar