Kamis, 27 April 2017

BBM vs LINE : Manakah yang Lebih Unggul ?


By Frandy

Aplikasi pesan instan yang anda gunakan sehari-hari tentu memberikan banyak kemudahan dalam kegiatan komunikasi sehari-hari. Selain mengirim pesan teks, aplikasi ini juga dapat mengirimkan gambar, video, pesan suara, file, hingga dapat melakukan panggilan hanya dengan koneksi internet.

Di Indonesia, dari pengamatan penulis terdapat dua aplikasi yang sangat populer di kalangan generasi muda, yaitu BBM dan LINE. Masing-masing aplikasi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Dalam artikel ini, penulis ingin berdiskusi tentang kedua aplikasi chatting terpopuler di kalangan generasi muda saat ini.

Blackberry Messenger (BBM)
Aplikasi ini dulu sebenarnya disediakan hanya untuk pengguna perangkat Blackberry saja, tapi sejak tahun 2013 aplikasi tersebut dapat kita gunakan di perangkat Android maupun iOS dengan mengunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.
Bertahun-tahun penulis menggunakan aplikasi BBM, mungkin inilah pengalaman yang penulis dapatkan hingga saat ini tentang kelebihan dan kekurangan dari BBM.

Kelebihan :
1.      Adanya fitur PING!!!, dengan ini memberitahu teman-teman kita untuk respon segera
2.      Fitur Pesan Tarik, kita bisa menarik kembali pesan dan foto bahkan setelah terkirim, ini berguna ketika kita typo atau salah kirim pesan
3.      Fitur Timer, kita bisa menentukan lama membaca pesan yang kita kirim ke lawan bicara
4.      Dapat mengirim file lain selain gambar

Kekurangan :
1.      Aplikasi relatif berat, bila menggunakan perangkat Android yang low end terkadang terasa berat saat loading aplikasi
2.      Terkadang gambar lawan bicara tidak muncul
3.      Terkadang bisa lost contact
4.      Tidak dapat menambahkan daftar teman di kontak hp secara otomatis, harus menggunakan PIN

LINE
LINE menjadi populer di kalangan generasi muda berkat fitur stiker, dan para maskot lucu LINE yang telah melekat di hati para generasi muda. Langsung saja berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :
1.      Banyak pilihan tema, stiker dan emoticon yang tersedia
2.      Untuk bermain game, Line menyediakan Line Get Rich, Line Ranger, dll
3.      Banyak aplikasi penunjang seperti LINE Camera, Line@, LineCard, Line Dictionary, dll
4.      Dapat menambahkan daftar teman secara otomatis melalui kontak hp
5.      Bisa digunakan di PC

Kekurangan :
1.      Notifikasi game yang terkadang mengganggu
2.      Menggunakan data internet yang relatif lebih banyak dari aplikasi messenger lain (seperti WhatsApp)
3.      Tidak dapat mengetahui id teman di contact line, tetapi ini tidak masalah bagi sebagian orang yang ingin privasi lebih

Lalu, mana yang terbaik diantara kedua aplikasi chatting populer ini? Keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan seperti dijabarkan diatas. BBM unggul soal privasi dan hal lain seperti fitur ping, tarik pesan, dan pesan berwaktu.


Sementara LINE mengandalkan kemudahan seperti menambah daftar teman secara otomatis serta banyak pilihan tema dan stiker yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar. Dari uraian diatas, pembaca dapat membandingkan kedua aplikasi diatas. Sehingga bisa memilih salah satu aplikasi messenger berdasarkan kebutuhan pengguna (pembaca).

Load disqus comments

0 komentar