Minggu, 16 April 2017

Tutorial Ekrip Dekrip E-mail

Pada pembahasan kali ini, kita akan belajar cara mengirim data di e-mail dengan aman. Bagaimana caranya? Tentu kita harus meng-enkripsi data terlebih dahulu sebelum mengirimkannya ke teman (penerima email) agar tidak ada orang yang dapat meretas informasi yang dikirim pada saat perjalanan informasi tersebut.

Software yang dibutuhkan merupakan :
1. Aplikasi GPG4Win (download link disini)
2. Aplikasi InstantCript (download link disini)
3. Alternatif menggunakan Mailvelope (hanya untuk pengguna Gmail dan browser Google Chrome saja, download link disini)

Kabar baik bagi pengguna Gmail dan browser Google Chrome, karena Mailvelope dapat langsung terintegrasi ke Gmail dan browser Google Chrome namun untuk mendapatkan private key dan public key tetap harus menggunakan Aplikasi GPG4Win (Kleopatra/GPA). Tutorial menggunakan Mailvelope dapat dilihat langsung disini.

Nah, karena penulis menggunakan akun Outlook dan penerima menggunakan akun Yahoo, maka penulis menggunakan Aplikasi InstantCript untuk meng-enkrip dan mendekrip pesan.


Langsung saja kita ke tutorialnya, langkah pertama jalankan GPG4Win (saya menggunakan Kleopatra) terlebih dahulu untuk mendapatkan private key dan public key.

Pertama-tama, penulis(Frandy) akan membuat Private Key dan Public Key terlebih dahulu di Kleopatra, dengan cara klik File > New Certificate

Lalu klik “Create a personal OpenPGP key pair” kemudian Next

Isikan Nama Anda, email Anda, dan Comment, lalu Next

Klik tombol "Create Key"

Ketika Creating Key, program akan meminta passphrase. Passphrase ini harus dihafal oleh user. Lalu klik OK

Setelah muncul tampilan ini, klik "Make a backup of yout keypair" untuk meng-generate Private Key.

Masukkan nama file

Centang ASCII armor agar file berekstensi .asc

Ketika file tersebut dibuka, maka akan muncul private key seperti gambar dibawah.

Setelah kita mendapatkan private key penulis, maka selanjutnya kita akan meng-generate Public Key penulis, dengan cara klik kanan > Export Certificate

Masukkan nama file

Ketika file tersebut dibuka, maka akan muncul public key seperti gambar dibawah.

Setelah penulis mendapatkan private key dan public key-nya sendiri, maka selanjutnya penerima pesan juga harus melakukan hal yang sama untuk mendapatkan private key dan public key. Ketika penerima pesan telah mendapatkan private key dan public key-nya sendiri, lakukan pertukaran public key. Sedangkan private key tidak perlu ditukar karena hanya kita sendiri yang boleh menggunakannya.

Selanjutnya penulis(Frandy) akan mengirimkan pesan kepada penerima pesan. Tapi sebelum itu, kita harus meng-enkripsi pesan tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan "InstantCrypt". Caranya dengan : Key Managemet > Import Key

Selanjutnya penulis(Frandy) akan meng-import private key saya sendiri (nama file : private key frandy.asc)

Selanjutnya penulis juga mengimport public key penerima pesan (contoh : William) yang telah kita tukarkan tadi.

Langkah selanjutnya, isi Used Own Key dengan private key frandy(penulis), sedangkan From/To diisi dengan public key William. Isi pesan yang akan dienkripsi di MessageText. Tulisan From/To akan berubah menjadi Recipient's Key seperti gambar di bawah ini :

Lalu tekan Tombol “Encrypt” dan langsung muncul pesan yang di-enkrip di kotak "Encrypted Message", centang Enable Copy/Drag as Text agar bisa dicopy.

Lalu penulis kirimkan pesan hasil enkripsi tadi ke email penerima pesan (William) beserta public key penulis(jika penerima belum tau public key pengirim).

Nah, pesan telah diterima oleh penerima pesan (William). 


Selanjutnya penerima pesan akan men-dekrip pesan tadi di InstantCrypt, dengan cara : Key Managemet > Import Key, import private key penerima pesan (nama file : keywilliam.asc)

Lalu import juga public key pengirim email(frandy) tadi yang telah ditukarkan sebelumnya


Langkah selanjutnya, isi Used Own Key dengan private key penerima pesan(William), sedangkan From/To diisi dengan public key pengirim pesan (Frandy). Isi pesan yang akan didekrip di Encrypted Message. Tulisan From/To akan berubah menjadi Sender (Signer's Key) seperti gambar di bawah ini :

Klik tombol "Decrypt", maka hasilnya akan muncul di kotak "Message Text"

Selesai.
Load disqus comments

1 komentar: